Labioskisis atau Bibir Sumbing

Definisi
Bibir sumbing atau Labioskisis adalah adanya lubang di bibir atas, biasanya tepat di bawah hidung. Sumbing adalah bukaan pada atap mulut (langit-langit keras) atau dalam jaringan lunak di bagian belakang mulut (langit-langit lunak). Pada kebanyakan kasus, celah bibir dan
sumbing langit-langit  terjadi bersamaan. 


Penyebab
Semua janin punya celah di bibir dan langit-langit selama awal kehamilan. Dalam perkembangan janin normal, lubang ini menutup selama kehamilan. Kegagalan salah satu atau kedua lubang ini untuk menutup akan menghasilkan celah di bibir. Penyebab pasti tidak diketahui.
Bibir sumbing  terjadi sendiri atau dalam kombinasi dengan sumbing di sekitarnya 1 dalam 750 kelahiran, dan langit-langit bercelah terjadi pada sekitar 1 dari 2.500 kelahiran . 

Faktor Risiko
Faktor risiko adalah sesuatu yang meningkatkan kesempatan untuk mendapatkan penyakit. Faktor risiko untuk celah mulut-wajah meliputi:

    
* Untuk bayi:
          
o Memiliki cacat lahir lainnya
          
o Jenis Kelamin: laki-laki
          
o Memiliki saudara kandung, orang tua, atau kerabat dekat lainnya lahir dengan sumbing oral-wajah
                
+ Genetika terbaik dapat menentukan risiko yang sebenarnya, yang dapat sangat bervariasi di antara keluarga.
                
+ Secara umum, jika satu anak dalam keluarga memiliki sumbing, anak berikutnya memiliki sekitar kesempatan 4% juga memiliki sumbing. Jika hanya memiliki bibir sumbing, risiko ini terjadi pada anak kedua adalah sekitar 2%.
    
* Untuk ibu selama kehamilan:
          
o Memakai obat-obatan tertentu, seperti obat Antiseizure (terutama fenitoin) atau retinoic acid (digunakan untuk kondisi Dermatologic, seperti jerawat)
          
o Mengkonsumsi alkohol (khususnya dalam pengembangan bibir sumbing)
          
o Memiliki penyakit atau infeksi
          
o Memiliki kekurangan asam folat pada konsepsi atau selama awal kehamilan
Gejala Gejala utama dari celah bibir dan / atau langit-langit sumbing adalah pembukaan terlihat di bibir atau langit-langit. Gejala lain dapat terjadi sebagai akibat dari sumbing meliputi:

    
*
Masalah Feeding  (terutama dengan sumbing)
    
* Masalah Bicara
    
* Gigi , termasuk gigi yang hilang, terutama ketika bibir sumbing meluas ke daerah gusi bagian atas
    
*  Infeksi
berulang telinga bagian tengah
    
*
Masalah pendengaran
Diagnosa
Seorang dokter dapat mendiagnosa bibir sumbing atau sumbing langit-langit  dengan memeriksa bayi yang baru lahir. Seorang bayi yang baru lahir dengan sumbing oral-wajah dapat didiagnosis oleh  tim spesialis medis segera setelah lahir. Jarang, sebagian atau "submukus" sumbing mungkin tidak terdiagnosis selama beberapa bulan atau bahkan bertahun-tahun.
Celah bibir dan langit-langit kadang-kadang berhubungan dengan kondisi medis lainnya. Dokter Anda harus dapat memberitahu Anda apakah ada atau tidak clefting anak Anda adalah bagian dari sindrom "" Beberapa sindrom mungkin memerlukan perawatan di samping merawat bibir sumbing atau langit-langit..
Prenatal diagnosis (diagnosis sebelum kelahiran) juga dapat dilakukan dengan pemeriksaan USG. Sumbing bibir lebih mudah didiagnosis melalui ultrasound kehamilan daripada sumbing ini. Diagnosis dapat dibuat pada awal kehamilan 18 minggu. Prenatal diagnosis memberikan orangtua dan tim medis keuntungan dari perencanaan lanjutan untuk perawatan bayi.

Comments :

0 komentar to “Labioskisis atau Bibir Sumbing”

Posting Komentar